Rental Mobil Untuk Lebaran, Kenapa Tidak?

JAKARTA, KOMPAS.com - Lebaran dan libur panjang tinggal sebentar lagi. Anda yang memiliki mobil pribadi, pasti sudah bersiap-siap dari sekarang memastikan kondisi mobil dalam keadaan prima.

Bagaimana jika Anda tidak memiliki mobil namun ingin tetap bisa berlebaran dan berliburan selama sepekan? Sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk menyewa atau rental mobil dari berbagai tempat penyewaan mobil.

Untuk merental mobil sekarang cukup mudah. Sebagian besar perusahaan atau koperasi rental telah memiliki website untuk memberikan informasi seputar harga dan paket rental. Tidak hanya di Jakarta, perusahaan rental mobil di daerah pun bertebaran.

Pilihlah rental mobil yang telah diakui, berdasarkan testimoni konsumen atau teman Anda, memiliki pelayanan dan kondisi kendaraan yang baik.

Jika Anda ingin menggunakan mobil rental untuk lebaran dan libur panjang kali ini, sebaiknya memperhatikan 5 hal berikut ini:

Waktu penyewaan

Waktu penyewaan rental mobil umumnya paling cepat selama tiga hari dan paling lama seminggu hingga 10 hari. Mereka yang akan mudik atau berlibur ke tempat yang cukup jauh, lintas provinsi, sebaiknya menyewa mobil rental selama seminggu atau sekitar 10 hari.

Waktu pemesanan pun kadang dibatasi di sejumlah rental. Sebaiknya Anda memesan rental mobil dari sekarang agar mendapatkan harga khusus selama lebaran sekaligus masih bisa mendapatkan unit mobil rental.

Harga 

Ada rental yang memberikan harga khusus lebaran, yakni lima hari sebelum hari lebaran hingga lima hari setelah lebaran. Harga khusus ini lebih mahal dari biasanya dengan selisih sekitar Rp 200.000 dari harga normal.

Untuk model mobil seperti Avanza, Xenia atau Ertiga, biaya sewa harian sebesar Rp 850.000 per hari, sudah termasuk biaya untuk supir. Dengan masa rental sekitar 5 hingga 7 hari, rata-rata biaya sewa mecapai Rp 5 juta hingga Rp 6 juta.

Supir bawaan

Salah satu keuntungan menyewa mobil rental ialah memiliki supir yang sudah termasuk biaya rental. Jika Anda dalam perjalanan jauh lintas provinsi, keberadaan supir ini sangat membantu sehingga Anda tidak terlalu capek menyetir sendirian.

Sayangnya, jika Anda ingin memiliki supir sendiri, sebagian rental mensyaratkan waktu penyewaan minimal 7 hari atau seminggu.

Persyaratan

Jika Anda belum terbiasa menyewa di rental mobil, sebaiknya Anda menyiapkan dokumen tertentu. Antara lain identitas diri dan kartu keluarga. Bahkan beberapa rental ingin memastikan Anda tinggal di sebuah sendiri sebagai salah satu jaminan.

Namun jika Anda sudah menjadi langganan di sebuah rental mobil, persyaratan seperti ini bisa saja lebih mudah dari konsumen yang baru menyewa di rental tersebut.

Siapkan kartu kredit

Beberapa rental mobil mensyaratkan kepemilikan kartu kredit. Syarat ini untuk memastikan penyewa mobil merupakan nasabah yang telah tercatat di bank dan dianggap krebil serta memiliki asal usul yang jelas.

Syarat kepemilikan kartu kredit ini umumnya berlaku di perusahaan rental mobil besar yang memiliki kantor cabang di berbagai kota besar di Indonesia.

Source : http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2017/06/18/210000726/rental.mobil.untuk.lebaran.kenapa.tidak.

Rental Mobil untuk Lebaran, Kenapa Tidak?
Musim Lebaran, Tarif Rental Mobil Melambung
Rental mobil kebanjiran pesanan buat mudik, tarif naik Rp 100.000
Pengusaha rental: Sewa mobil untuk mudik sudah habis sampai 29 Juni
Mazda Belum Mau Bawa Mesin Diesel
Tips Pengecekan Mobil Sebelum Mudik Lebaran
Jalur Trans Timor Kupang Masih Dipenuhi Pemudik
Mudik Lebaran, Pengusah Rental Mobil Untung Besar
Habis Lebaran, Banyak Mobil yang Kredit Macet?
Pesta Kesenian Bali 2017 Bawa Berkah Buat Masyarakat