Variasi Yoga Unik Untuk Mengisi Akhir Pekan

Jakarta, Beberapa orang menganggap yoga sebagai olahraga yang membosankan, gerakannya lambat dan kurang eksplosif. Padahal olahraga ini menuntut tidak hanya kelenturan, melainkan juga kekuatan core muscles untuk bisa stabil di setiap gerakan.

Sebenarnya anggapan bahwa yoga agak membosankan tidaklah sepenuhnya salah. Sebuah penelitian di Medicine & Science in Sports & Exercise menyebut sebagian besar gerakan dalam yoga memiliki intensitas ringan hingga sedang. Terlalu 'santai' untuk memenuhi anjuran tentang aktivitas fisik yang ideal.

Baca juga: >Menurut Penelitian Ini, Yoga Terlalu Santai untuk Disebut Olahraga

Tetapi dalam kenyataannya, anggapan bahwa yoga membosankan terkadang hanya dijadikan alasan untuk tidak olahraga sama sekali. Padahal, gaya hidup sedentary atau kurang gerak bisa menjadi faktor risiko berbagai penyakit kronis yang mematikan. Diabetes dan penyakit jantung hanya sebagian di antaranya.

Walau gerakannya cenderung lambat, yoga sama sekali tidak membosankan karena selalu ada tingkat kesulitan yang berbeda. Dan jika itu saja dirasa masih kurang, ada berbagai variasi yoga unik yang membuat olahraga ini begitu 'menantang' untuk dicoba.

Dirangkum

detikHealth, berikut ini beberapa variasi yoga yang 'anti mainstream':

1. Yoga dengan musik metal

Iringan musik yang lembut dan menenangkan adalah salah satu ciri khas yoga yang sulit untuk tergantikan. Tapi di tangan Lindsay, seorang intruktur di Kanada, musik yang dipakai sebagai pengiring adalah musik yoga. Lindsay menyebutnya Rage Yoga. Konon, ia terinspirasi oleh pahitnya dikecewakan oleh pasangan.

Baca juga: >Rage Yoga, Ketika Yoga Dilakukan Sembari Teriak dengan Irama Musik Metal

2. Yoga bertema Harry Potter

Penggemar JK Rowling pasti akan menyukai variasi yoga yang satu ini. Sembari melakukan berbagai gerakan yoga, para peserta akan mendengarkan instruktur membacakan penggalan-penggalan novel Harry Poter. Sesekali, gerakan juga dilakukan sambil memegang tongkat sihir. Ada-ada saja, bukan?

3. Yoga tertawa

Tertawa adalah cerminan hati yang bahagia. Dalam kelas yoga tertawa, seluruh peserta tidak hanya diajak melakukan gerakan-gerakan yoga melainkan juga 'dipaksa' untuk tertawa lepas. Unik memang ketika tertawa harus dipaksakan, tetapi dijamin akan terbawa suasana dan jadi tertawa sungguhan. Cukup menantang untuk dicoba.

Baca juga: >Yoga Tertawa, Olahraga 'Lucu' untuk Melepas Stres

(

up/up )

Source : http://health.detik.com/read/2017/06/18/090645/3534301/763/variasi-yoga-unik-untuk-mengisi-akhir-pekan

Variasi Yoga Unik untuk Mengisi Akhir Pekan