Wisata Kuliner Setelah Buka Puasa, Simak Dulu Tipsnya

Jakarta - Bulan Ramadan bisa juga liburan sambil wisata kuliner, tapi tentunya setelah berbuka puasa. Berikut tips wisata kuliner usai buka puasa.

Kegiatan traveling ke luar kota kala Ramadan mungkin lebih terbatas di siang hari. Jalan-jalan bisa jadi maksimal setelah magrib, misalnya wisata kuliner. Wisata kuliner malam pun menarik dicoba untuk mengisi libur Ramadan.

Disusun detikTravel, Senin (19/6/2017), inilah 4 tips wisata kuliner selepas buka puasa yang bisa dicoba:

1. Tentukan destinasi wisata kuliner

Saat Ramadan tiba, biasanya banyak bermunculan pedagang yang menjajakan makanan berbuka. Baik itu kolak, es buah maupun aneka makanan khas yang berbeda-beda di setiap daerah. Seperti Bogor yang punya mie glosor serta Medan dengan bubur sup yang disediakan untuk berbuka di Masjid Raya Al Mashun.

Buatlah list tempat wisata kuliner mana saja di kota tujuan yang bisa didatangi. Pilih saja tempat yang lebih mudah untuk dijangkau. Sehingga tak menghabiskan banyak waktu di jalan.

2. Cari makanan ringan untuk berbuka

Setelah tiba di tempat tujuan tentunya banyak makanan menggoda untuk dibeli. Tapi sebaiknya pilih makanan yang ringan untuk berbuka puasa. Jangan langsung makanan banyak karena traveler bakalan cepat kenyang dan kesempatan mencicipi aneka kuliner lezat pun tidak maksimal.

Hindari makanan yang terlalu asam dan pedas untuk berbuka. Supaya bisa menghindari perut bergejolak.

3. Jangan kalap

Setelah menahan lapar seharian, begitu melihat aneka makanan berbuka yang menggiurkan rasanya tak sabar untuk langsung memakan semuanya. Tapi ingat-ingat, kalau langsung makan banyak, rencana wisata kuliner bisa jadi gagal karena sudah kenyang duluan.

Beri jeda setiap makan. Setelah berbuka dengan kurma, es teh manis dan jajanan misalnya, salat magrib dahulu atau berbincang bersama teman barulah lanjut keliling area wisata kuliner untuk memilih menu selanjutnya.

4. Tarawih dulu baru lanjut kulineran

Liburan bukan berarti melupakan ibadah. Setelah menikmati sajian berbuka, saat waktu isya dan tarawih tiba, hentikan sejenak acara wisata kuliner untuk beribadah. Setelah itu, barulah lanjut lagi kulineran. Kalau ada makanan yang bisa dibawa pulang, sekalian saja dibungkus untuk dinikmati untuk cemilan di penginapan dan buat sahur.

(krn/krn)

Source : http://travel.detik.com/travel-tips/d-3535686/wisata-kuliner-setelah-buka-puasa-simak-dulu-tipsnya

Wisata Kuliner Setelah Buka Puasa, Simak Dulu Tipsnya